Selamat datang semester 2…
setelah libur 14 hari, kita siap untuk menjalani semester ini dengan penuh
semangat dan keceriaan wkwkkw… oke dalam semester ini ada 22 SKS yang akan saya
libas habis hehe… disemester ini akan ada 10 Mata Kuliah yang akan kami jalani,
bisa dibayangkan kalau dalam seminggu ada 10 tugas mata kuliah, dari mata
kulaih yang berbeda. Padahal dalam seminggu hanya ada 7 hari, 4 hari kuliah,
dan 3 hari libur… bisa dibayangkan mengerjakan 10 tugas? Hmm dan puji Tuhan hal
itu gak terjadi hehe, tetapi dalam seminggu pernah ada beberapa tugas tapi
kenyataanya tetap pusing ngerjainnya hehe… Untung gak 10 tugas wkwkwk…. Oke
dalam semester ini terdiri dari 1 Mata Kuliah Umum (MKU), 1 Mata Kuliah Dasar
Kependidikan (MKDK), 7 Mata Kuliah Bidang Studi Dan Keahlian Penunjang (MKBK),
dan 1 Mata Kuliah Ketrampilan Proses Pembelajaran (MKKPP).
Dan inilah mereka :
1. Pendidikan Pancasila (MKU)
Pancasila… kuliah 2 SKS ini
Hakikat mempelajari ini adalah menjadikan mahasiswa agar melek dan sadar akan
dasar negaranya sendiri, karena saat ini sudah banyak hal-hal yang melenceng
dari nilai pancasila. Perkuliahan ini membahas Pancasila dari segala perspketif
kajian, dan kita juga agar kita mengetahui dan mengamalkan pancasila. Sistem
perkuliahan yang diterapkan adalah dosen menerangkan dibeberapa pertemnau, lalu
dibagi beberapa kelompok untuk presentasi , dan ada review materi serta tak
lupa ada studi kasus, perkuliahan ini saya rasakan menarik karena dosennya saya
rasa friendly terhadap anak muridnya, dan cara penyampaian materi yang bisa
langsung masuk kedalam pikiran saya dan teman-teman yang lainnya tak lupa
dalam tugas ini selalu ada makalahnya.
2. Landasan Pendidikan (MKDK)
LP atau LIP atau LANPEN… Kuliah 4
sks ini mengajarkan kita untuk mengetahui berbagai macam landasan atau
mengetahui suasana dan kondisi yang akan kita hadapi dalam proses KBM nanti,
banyak hal dan pengetahuan baru yang kami ketahui, disini kita juga diajarkan
kedisiplinan agar menjadi guru yang baik nantinya dan disini pun kita dilarang
untuk labeling terhadap anak didik kita semisal saat saya
presentasi kelompok disaat saya bilang anak “Nakal” saya lalu ditegur dan
diingatkan bahwa seharusnya yang kita katakana adalah “anak yang berperilaku
tidak sesuai”. Dalam kuliah ini juga seperti MKDK lainnya kita diwajibkan untuk
pria memakai baju berkerah atau kemeja dan celana bahan. Lalu untuk wanita
menggunakan baju berkerah atau kemeja dan rok bahan, ini sebagai kedispilinan
awal kita dalam menghadapi untuk mengajar nanti. Ssitem perkuliahan lebih
banyak mengarah kepada dosen menerangkan dalam beberapa pertemuam, lalu
presentasi dan observasi kelompok beberapa kali kami presentasi dan kelompoknya
selalu dirolling, jadi tak monoton itu-itu saja orangnya. Dan dalam UTS dan UAS
selalu diadakan dalam perkuliahan dengan menjawab soal-soal itu. Saya
menyenangi juga mata kuliah ini karena entah kenapa saya suka aja segala
mengenai Pendidikan, dan untuk diajak berdiskusi dosen ini mampu memberikan
jawaban yang memuaskan, tak lupa dalam tugas ini selalu ada makalahnya.
3. Bahasa Belanda Sumber (MKBK)
Belandaaa… Mata kuliah 2 sks ini
mengajarkan kita agar setidaknya dapat melafalkan kalimat dalam bahasa Belanda,
dan dapat menerjemahkannya dengan bantuan kamus, dan tata bahasa ringkas.
Karena bahasa ini jarang bahkan mungkin tidak ada yang mengetahui perkuliahan
ini terasa menyenangkan dan saat kita mengetahui hal-hal baru kita biasanya
sok-sokan ngomong Belanda gitu ke orang yang gak belajar Bahasa Belanda kayak
Wordenboek, docenten, ik, dll… padahal mah artinya itu kamus, dosen, dan saya
wkwkwk… dalam melafalkan kalimat biasanya dosen menggunakan tape radio agar
para mahasiswa dapat mengetahui pelafalan nya bagaimana, dan untuk
menerjemahkan kita ada bukunya yang terdiri dari teks sejarah berbahasa Belanda
dengan bantuan alat-alat penunjang untuk menerjemahkan dan logika berbahasa
kita, kalimat-kalimat itu dapat diterjemahkan. Untuk UTS dan UAS kita melakukan
penerjemahan kalimat juga.
4. Metode Penelitian (MKBK)
PMP atau METLIT… adalah mata
kuliah penghantar dalam menunjang bebrapa mata kuliah lainnya yang akan berguna
untuk penelitian, atau bahkan untuk skripsi nanti, mata kuliah 2 sks ini
dikemas dalam beberapa kali pertemuan dosen menjelaskan mengenai metode
penelitian, lalu dijelaskan bagaimana perbedaan-perbedaan dari tiap metode dan
tak lupa kita juga disuruh membuat judul untuk (rencana) skripsi kita, dan
untuk UTS kita harus menjawab beberapa pertanyaan yang jawabannya seperti
proposal skripsi, tapi hanya beberapa saja sesuai petunjuk dosen. Dan untuk UAS
kita menjawab beberapa pertanyaan langsung saat perkuliahan, dan untuk nilai
Individu atau penugasan kita disuruh membuat Proposal Skripsi yang sesuai
dengan kerangka proposal yang ada dibuku PMP yang kita pegang. Hmm dosennya
mengajarnya enak dan saya paham saat dosen menjelaskan.
5. Sejarah Indonesia Masa Islam (MKBK)
SIMI… adalah mata kuliah yang
mempelajari bagaimana keadaan Indonesia saat kerajaan Islam tumbuh dan
berkembang di Indonesia, dimulai dari bagaimana kerajaan itu berdiri dan runtuh
serta perkembangan zamannya. Dalam perkuliahan yang berlangsung selama 2 sks
ini, dilakukan dengan presentasi-presentasi kelompok, Presentasi yang dilakukan
2x ini yaitu saat presentasi pertama yaitu dari masuknya Islam ke Indonesia
dengan berbagai hubungan terhadap penduduk sekitar serta pertumbuhan
kerajaan-kerajaan yang kemudian hari menjadi kesultanan karena dipengaruhi oleh
budaya Islam yang datang dari Persia, Gujarat, dan Arab. Di Presentasi kedua
menggambarkan tahap hegemoni kekuasaan yang dilakukan oleh VOC di beberapa
wilayah di Indonesia serta kondisi ekonomi, sosial, dan politik serta
keruntuhan VOC. Dalam menyampaikan materi seperti biasanya jadi mahasiswanya
dahulu yang menyampaikan presentasinya, dan diakhir presentasi dosen akan
menambahkan statement serta disini juga dilakukan Tanya-jawab antar kelompok,
tak lupa dalam tugas ini selalu ada makalahnya.
6. Sejarah Eropa (MKBK)
Eropa… Mata kuliah yang berjumlah
2 sks ini, menghantarkan kita untuk mengetahui perkembangan Eropa dari zaman
Yunani Klasik, Romawi Klasik, hingga batas sampai pembahasan revolusi Industri,
dalam amata kuliah ini dibatasi zamannya hanya membahas Eropa pada zaman Eropa
Klasik, dan untuk sejarah Eropa modern ada kembali mata kuliahnya yang akan
didapatkan nanti. Perkuliahan berlangsung dengan presentasi-presentasi, dan
disini presentasi yang kita bahas harus terperinci, dapat dipahami, dan dapat
dimengerti biasanya bisa dimasukka gambar-gambar dan tulisan-tulisan agar
audiens lebih tertarik lagi dalam presentasi kita tak lupa dalam tugas ini
selalu ada makalahnya serta makalahnya juga harus benar-benar terperinci, maka
tak heran banyak revisi makalah dan revisi PPT agar PPT kami sesuai dengan
materi yang kita bahas dan dapat dipahami. Dalam perkuliahan ini juga kita
membuat resume, lalu peta-peta Eropa dari beberapa zaman, serta UTS dan UAS
yang sangat terperinci dengan format dalam Ms. Word seakan-akan membuat makalah
hehe. Satu hal baik yang saya dapat adalah menjadi guru itu banyak
tantangannya… kenapa? Disaat kita harus membuat PPT yang terperinci walau untuk
teman kita sendiri, tapi disini kami terlatih agar kami dapat membuat PPT agar
anak murid nanti saat melihat dalam PPT yang kita buat dapat mengerti dan paham
mengenai penjelasannya. Oh iya Sejarah Eropa ini jg menuntut kita
dapat menjelaskan dampak hal yang terjadi di Eropa, bagi kehidupan bangsa
Indonesia loh…
7. Sejarah Sains dan Teknologi (MKBK)
SAINTEK… Perkuliahan yang 2 SKS
ini diampu oleh Dosen yang kritis, dan pembahasannya juga dibagi 10 kelompok
yang akan membahas hanya 1 buku, jadi tiap kelompok bisa 2-3 bab yang akan
dibahas oleh masing-masing kelompok. Perkuliahan ini berlangsung saat kita
sedang presentasi apabila sesuai dengan buku akan didiamkan, apabila sudah
tidak sesuai sang dosen akan mengklarifikasi, setelah itu diawal perkuliahan
sih sebenarnya, kita sudah disuruh tugas membuat Paper, dan saya pun
mengerjakan Paper yang sudah saya cicil sedikit demi sedikit biar tak
keteteran, dan Puji Tuhan dalam proses pengerjaan berlangsung tertib hehe… dengan
tenaga yang sudah tersedia Paper 22 halaman (sudah dengan daftar pustaka) dapat
diselesaikan. Wkwkwk.
NB : 22 halaman itu terjadi
karena mengikuti format yaitu Line Spacing 2.0 dan Margin 3-3-4-4 hehe J
8. Sejarah Intelektual (MKBK)
Intelek… Mata perkuliahan yang
membahas mengenai pergerakan kaum intelektual bangsa Indonesia dimulai dari
munculnya Bahasa Indonesia yang sudah ada dasarnya, karena berasal dari bahasa
percakapan “Melayu Pasar” atau bahasa Melayu yang diucapkan oleh khalayak ramai
yang bahasa itu sudah menjadi Lingua Franca kita serta pengertian Intelektual
dan Sejarah Intelektua sendiri, dalam mata perkuliahan ini juga dibahas
mengenai dasar negara Indonesia dimulai dari Negara yang sekarang kita rasakan
sampai saat ini yaitu merupakan hasil pemikiran dari para Founding Fatrhers
(Soekarno, Hatta, Syahrir, dkk) yang kita sebut sebagai kaum Nasionalis. Lalu
negara menurut pemikiran kanan khususnya agama Islam yang dikemukakan oleh
Ahmad Hassan, Natrsir, Kartosuwiryo, Muhamadiyyah, NU, dan Agus Salim yang
disebut Agamis. Serta Pemikiran Kiri yaitu Komunis yang dibawakan oleh Hasi
Misbach, Tan Malaka, dll. Dan tak lupa pemikiran yang ter (di) lupakan yaitu
hasil pemikiran dari para peranakan Arab, Peranakan Cina, serta wayangliederen,
dll. Dan juga ada pemikiran intelektual Islam seperti Mihnan wa Nakbah,
Orientalisme dan Oksidentalisme, dll. Dalam mata kuliah yang diampun oleh 3
dosen ini yang membahas mengenai konsep pemikiram, pemetaam pemikiran, dan
pemikiran Islam dengan materi yang berbeda membuat mata kuliah ini menarik,
akan tetapi mungkin kurang dipahami, karena sama sperti semester 1 lalu mata
kuliah ini seharusnya untuk mahasiswa tingkat 3 akan tetapi kembali ini
tuntutan kurikulum, tetapi kami mencoba untuk menyamakan presepsi agar sesuai
dengan hakikat perkuliahan ini yang berlangsung selama 2 sks.
9. Sejarah Kebudayaan Indonesia (MKBK)
SKI… Mata kuliah 2 sks ini
membahas mengenai konsep kebudayaan dan kebudayaan yang ada di Indonesia, mata
perkuliahan yang diampu oleh 2 dosen ini saat awal perkuliahan kita harus
memahami terlebih dahulu apa itu kebudayaan, yang ternyata dalam 3x pertemuan
itu pun kita harus membahas apa itu kebudayaan dan kita pun baru memahami apa
itu kebudayaan itu sendiri, banyak hal-hal atau kalimat yang mengandung kata
budaya, setelah kita mengetahui konsep kebudayaan jadi agak ragu untuk
bilangnya lagi. Mungkin dalam situasi seperti ada yang ngomong budayakan
membuang sampah, budayakan antre, dll sekejap orang berkata “Apa itu Kebudayaan
atau Budaya” kitapun teringat dan gelak tawa pun riuh karena keingetan ngebahas
kebudayaan sampai 3x pertemuan wkwk… Disini kita juga melakukan presentasi
terhadap buku, tapi hanya beberapa kelompok saja yang maju, dan didosen pertama
ini kembali membuat Esai hanya 2 lembar dengan margin yang 3-3-4-4 dan sesuai
format serta ada daftar pustaka dan ada kolom untuk footnote, dan disini
kepusingan kembali terjadi karena lahan yang disediakan untuk menulis sangat
sempit huft (beginilah dikasih banyak salah, dikasih dikit buat nulis salah,
tenggelamkan abang dek hayatiii *loh* wkwkwk) akan tetapi semua itupun
berlangsung dengan damai dan terlewati hingga menunggu tes lisan, dan saat gw
manu buat lisan dan aku hanya diberi satu pertanyaan aja. Nyesek sih, takut
dikira jelek jadi si dosen bingung mau nanya apa huft #syedih. Di dosen kedua
kita presentasi mengenai buku-buku kebudayaan Indonesia dan tak lupa melakukan
observasi, kelas gw kebagian ke Glodok. Observasi dibagi menjadi 3 yaitu ke
Pasar elektronik, ke klenteng, dan petak Sembilan. Gw kebagian di petak
Sembilan sangat amazing disana kita nanya warga-warga terus lihat-lihat
arsitektur cerita-cerita, dan menelusur pasar, dan saat menelusur itu kita
ngeliat bulus, kodok yang telah dikuliti, pokoknya hewan yang buat obat dan
kitapun hampir eneg litany. Huft. Experience bgt ieu maaah… aseli. Tak lupa
hasil observasi ada makalahnya wkwkwk.
10. Media Pembelajaran Sejarah (MKKPP)
MPS… Mata kuliah 2 sks ini diampu
oleh 2 dosen, tapi satu dosen yang utama jadi saat dosen utama gak masuk dosen
kedua yang masuk. Disini kita disuruh membuat presentasi media pembelajaran
Sejarah, dan tak lupa dosen-dosen memberi materi dan berbagai wejangan hidup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Berkomentar :)
-Kritik dan Saran membangun saya-